Centra Karier

CARA AMPUH UNTUK LANCAR HARI PERTAMA KERJA


Diterima kerja berarti kamu akan bertemu orang-orang baru, lingkungan baru dan pekerjaan baru. Jadi tidak heran bila kamu merasakan nervous, deg-degan dan terkadang takut. Hal tersebut bukan hanya dialami oleh para first jobbers, tapi juga bagi kamu yang akan pindah ke kantor baru. Ini dikarenakan setiap perusahaan memiliki cerita yang berbeda satu sama lain. Rasa deg-degan dan gugup itu wajar kok kamu alami, namun jangan sampai kegugupan dan kegelisahanmu tersebut merusak hari pertama di kantor baru. Berikut langkah yang bisa kamu praktekkan untuk memenangkan kesan pertama di tempat baru

Pastikan untuk melakukan riset terlebih dulu

Ya, kamu memang telah mencari informasi sebelum melamar di perusahaan tersebut, tapi bukan berarti pencarian informasimu berhenti. Cari tahu lebih mendalam lagi tentang kantor barumu. Mulai dari struktur organisasi perusahaan, tugas yang akan kamu kerjakan hingga mencari tahu calon rekan kerjamu di social media. Jika ada yang kamu bingungkan, kamu bisa menyiapkan pertanyaan yang menunjukkan bahwa kamu tertarik untuk belajar mengenai perusahaan dan pekerjaan yang kamu emban.

Perhatikan Pakaianmu

Kesan pertama itu penting, jadi harap perhatikan pakaian yang akan kamu kenakan di hari pertama. Cara amannya adalah, ikuti saja seperti apa pakaian bekerja calon rekan kerjamu. Kamu pastinya telah melihat lingkungan kerja pada saat proses interview kemarin, jadi kamu punya sedikit gambaran rata-rata karyawan tersebut berpakaian seperti apa. Ingat, jangan gunakan pakaian yang terlalu ketat, terbuka atau terlalu pendek.

Datang Lebih Pagi

Selalu usahakan untuk datang 15 menit sebelum jam kerja dimulai. Ini dilakukan agar kamu bisa bersiap-siap dan menghindari macet jalanan yang akan membuatmu datang terlambat. Jangan sampai kamu terlambat saat hari pertama kerja.

Jadilah Pribadi yang Ramah

Memang tidak semua orang mudah untuk bersikap ramah pada orang yang baru dikenal dan di tempat baru, tapi usahakan di kantor barumu ini untuk bersikap ramah. Ingat, kamu akan datang ke kantor dari senin sampai jumat dan akan bertemu dengan rekan kerja selama 5 hari tersebut, jika kamu bersikap sombong, akan susah rekan kerjamu untuk mendekatimu dan ini berakibat akan lingkungan kerja yang kurang nyaman. Mulai hari pertamamu dengan menunjukkan bahwa kamu pribadi yang ramah dan siap bersosialisasi dengan setiap orang di kantor.

Tunjukkan Ketertarikan

Mungkin sebagai anak baru, tidak ada orang yang akan mengajak berbicara kepadamu. Ini artinya kamu yang harus mengajak bicara mereka duluan. Ingat untuk perhatikan situasi saat berkomunikasi dengan rekan kerjamu, apakah dia sedang sibuk atau tidak. Pastikan juga nada bicaramu menunjukkan ketertarikan berkomunikasi dengan mereka

Dengarkan Perkataan Rekan Kerjamu

Hari pertama bukan saatnya kamu untuk buka suara. Dengarkan baik-baik perkataan dari bos atau pun rekan kerjamu. Siapkan buku catatan dan pulpen untuk mencatat hal yang diperlukan.

Perhatikan Sistem Organisasi

Hari-hari pertama memang saat yang tepat untuk mengamati lingkungan kerja baru. Amati siapa yang paling dalam memberi keputusan, pelajari peraturan tertulis dan tidak tertulis yang berlaku di kantormu dan tujuan apa yang ingin dicapai dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Tanyakan kepada rekan setim bagaimana cara kerja dari departmen bagianmu.

Jaga Sikapmu

Langkah terakhir yang tak kalah penting untuk kamu perhatikan adalah sikapmu. Selain dari nada bicaramu, tunjukkan antusiasmu melalui gestur tubuh. Dengan kamu menunjukkan sikap antusias, berarti kamu semangat dalam menjalani pekerjaan barumu dan ini bisa menjadi nilai tambah di mata rekan kantor. Jangan lupa untuk men-silent­-kan hpmu ya.

Hari pertama di kantor baru memang penting. Namun saat kamu telah mempersiapkan semuanya dengan baik dan kenyataannya tidak berjalan sesuai rencana, jangan berkecil hati dulu. Kamu masih bisa memperbaikinya di hari berikutnya. Ingat, hari pertama hanya sebagai langkah kecil di dalam tahapan karirmu. Tetap semangat menjalani pekerjaan!
 
Copyright © 2014 CENTRA KARIER | Distributed By Blogger Template | Designed By OddThemes